Cara Gadai BPKB Di Koperasi

Cara Gadai BPKB di KSP

Bagaimana Cara Gadai BPKB Di Koperasi? Jika dijawab secara singkat, tahapan untuk proses gadai bpkb di KSP pada dasarnya tidak berbeda dengan gadai bpkb di leasing ataupun bank.

Akan tetapi, setiap lembaga pembiayaan menetapkan syarat dan ketentuan yang berbeda. Sehingga mungkin saja ada sedikit hal yang tentunya patut anda perhatikan.

Sama halnya dengan produk kredit yang dikeluarkan oleh pihak leasing atau bank. Kredit Multiguna di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) menjadi salah satu cara paling mudah untuk memperoleh pinjaman.

Jika anda memang terdesak dengan kebutuhan finansial, maka bisa langsung menuju koperasi terdekat untuk mengajukan kredit dengan jumlah nominal yang diinginkan.

Tidak hanya persyaratannya yang mudah, beberapa hal terkait produk KSP juga sangat menarik untuk diklaim. Termasuk diantaranya ialah bunga yang rendah, sekaligus pilihan tenor yang relatif lebih panjang.

Dalam hal ini, koperasi bisa menjadi alternati terbaik saat anda terdesak dengan kebutuhan finansial. Akan tetapi, yang patut dipertanyakan disini ialah, bagaimana cara dan juga syarat yang dibutuhkan untuk bisa mengajukan pinjaman bpkb di koperasi?

Bagi anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, maka ada baiknya membaca ulasan yang sudah kami rangkum dibawah ini. Apa saja syarat yang dimaksud?

Cara Gadai BPKB Di Koperasi

Sebelum anda benar-benar mengajukan pinjaman gadai bpkb di koperasi, tentu ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan.

Bisa disebut jika semua daftar persyaratan tersebut sangat sederhana. Namun sedikit berbeda, ada beberapa kategori syarat yang menjadi poin penting untuk anda siapkan. Beberapa diantaranya ialah syarat utama, syarat tambahan, dan juga syarat jaminan.

Tidak lepas dari kartu identitas, syarat utama yang dimaksud ialah berupa e-KTP dan juga kelengkapan dari kendaraan yang akan digadai. Termasuk STNK dan BPKB.

Agar informasi yang anda peroleh tidak tanggung, berikut daftar syarat yang sebelumnya bisa anda persiapkan sebelum mengajukan pinjaman di koperasi.

Syarat Utama

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, terdapat beberapa syarat utama yang mencakup kartu identitas dan menjadi anggota dari koperasi yang dituju.

Dalam hal ini, anda harus mengikuti semua prosedur agar bisa lebih mudah dalam mengajukan pinjaman. Khususnya agar bisa menikmati layanan gadai bpkb. Daftar syarat yang dimaksud ialah :

  • Mendaftar dan menjadi anggota di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang dituju.
  • Fotokopi kartu identitas (e-KTP) calon konsumen dan pasangan.
  • Salinan Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi akta nikah (buku atau surat nikah)
  • Rekening listrik, telepon, dan PDAM (jika ada)
  • Bukti penghasilan / slip gaji.

Syarat Tambahan

Sebagai pelengkap dari syarat utama yang sudah kami sebut di atas, tentu anda diharuskan melengkapi persyaratan tambahan. Tujuannya agar lebih mudah dalam proses pengajuan pinjaman gadai bpkb di KSP. Berikut daftar lengkapnya :

  • Salinan buku atau Rekening tabungan
  • Rekening koran selama 3 bulan terakhir

Syarat Jaminan

Dikarenakan anda berkeinginan untuk gadai bpkb kendaraan bermotor sebagai agunan pinjaman. Maka ada syarat kendaraan yang termasuk pada kriteria diterimanya aplikasi pinjaman.

Syarat ini ditetapkan untuk mengecek legalitas sekaligus kebenaran data pada kendaraan tersebut. Sehingga nantinya tidak ada pihak yang merasa dirugikan ketika pinjaman sudah cair.

Daftar syarat jaminan yang dimaksud mencakup :

  • Salinan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) beserta faktur pembelian asli.
  • Kwitansi jual beli bermaterai atas nama BPKB.
  • Buku KIR, Surat Trayek*

Syarat kendaraan di atas berlaku untuk roda dua atau motor. Sedangkan untuk mobil dan juga sertifikat tanah atau rumah, tentu akan berbeda lagi.

Bisa disebut jika gadai sertifikat mempunyai nilai yang lebih tinggi. Sehingga sangat cocok bagi anda yang membutuhkan dana pinjaman dalam jumlah besar.

Bagi anda yang hendak gadai sertifikat tanah atau rumah, maka daftar syarat yang dibutuhkan ialah :

  • Sertifikat asli SHM / SHGB (bukan HPL, bukan Magersari)
  • Salinan PBB terakhir
  • Fotokopi IMB
  • SPPT dan STTS terakhir
  • Dokumen penunjang yang lainnya.

Bagaimana? Sudah yakin untuk gadai bpkb di koperasi? Tentu sebelumnya anda harus melengkapi terlebih dahulu persyaratan di atas.

Jika mencari alternatif lain yang lebih mudah, anda bisa mengajukan gadai bpkb motor atau mobil >> DISINI.

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Hallo,, Ada yang bisa kami bantu?