Syarat Pinjam Uang Di Koperasi Simpan Pinjam

Syarat Pinjam Uang Di Koperasi Simpan Pinjam

Apa saja Syarat Pinjam Uang Di Koperasi Simpan Pinjam? Pertanyaan ini mungkin sudah sangat umum. Namun bagi yang belum paham, tentu memerlukan referensi agar proses pengajuan pinjaman lebih mudah.

Tidak bisa dipungkiri jika koperasi merupakan alternatif lembaga pembiayaan yang sangat aman dan bisa dipercaya. Bahkan dari sisi persyaratan, juga sangat mudah dan prosesnya pun relatif lebih cepat.

Akan tetapi, tidak semua koperasi memberikan daftar persyaratan yang sama. Sebab koperasi sendiri dikelola oleh lambaga yang berbeda.

Namun secara umum, daftar persyaratan yang dibutuhkan tidak jauh berbeda. Sehingga bagi anda yang sedang terdesak kebutuhan finansial. Bisa memanfaatkan koperasi untuk memperoleh pinjaman dana tunai.

Syarat Pinjam Uang Di Koperasi Simpan Pinjam

Cara meminjam uang di koperasi simpan pinjam (ksp) pada dasarnya sangatlah mudah. Bahkan alternatif tempat memperoleh pinjaman ini, bisa ditemukan dengan mudah pada berbagai tempat.

Menjadi tempat yang juga terbilang cepat dan aman untuk memperoleh pinjaman. Nah, yang menjadi poin pertanyaan disini ialah, bagaimana cara memperoleh pinjaman di ksp?

Jika dilansir dari beberapa situs koperasi resmi, setidaknya ada dua alternatif yang bisa anda gunakan. Yakni dengan datang langsung ke koperasi tersebut, atau bisa pula dengan mengajukan pinjaman via telepon atau sms.

Lebih jelasnya, bisa anda simak pada daftar yang sudah kami rangkum dibawah ini. Baca baik-baik ya!

1. Datang Langsung Ke Kantor Koperasi

Untuk bisa mengajukan permohonan pinjaman di koperasi, maka anda bisa mengunjungi langsung kantor koperasi yang paling dekat dengan lokasi anda.

Tentu tidak sembarang datang langsung, namun juga harus membawa perlengkapan data atau dokumen syarat yang dibutuhkan.

Tujuannya, agar pengajuan pinjaman anda berjalan normal tanpa kendala. Untuk daftar syarat yang dimaksud mencakup :

  • Fotokopi kartu identitas (KTP) pemohon.
  • Salinan Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Akta nikah (buku nikah)
  • Salinan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pemohon.
  • Fotokopi Sertifikat & IMB
  • Salinan Pajam Bumi dan Bangunan (PBB)
  • Hasil KJPP
  • Fotokopi Buku tabungan (rekening tabungan) 3 bulan terakhir.
  • Laporang keuangan / penualan 1 tahun terakhir.
  • Surat Permohonan
  • Foto rumah atau ruko yang akan dijadikan agunan / jaminan.
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) / Surat Izin Tempat Usaha (SITU) / Tanda Daftar Perusahaan (TDP) / Surat Keterangan Usaha (SKU) / Domisili.
  • Daftar stok barang (jenis dan nominal)
  • Daftar Piutang Usaha.

Dengan melengkapi daftar persyaratan di atas, tentu anda sudah bisa mengajukan langsung pinjaman dana tunai di koperasi simpan pinjam.

2. Menghubungi Customer Service

Selain berkunjung langsung ke kantor koperasi, nyatanya anda juga bisa memanfaatkan fasilitas pengajuan via sambungan telepon atau SMS.

Dalam hal ini, anda harus tahu dulu kontak yang bisa dihubungi. Selanjutnya, bisa menyampaikan niat untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan tertentu.

Jika kontak yang dihubungi benar, maka pengajuan akan ditindakanjuti. Uniknya, dengan menghubungi kontak koperasi tersebut, anda bisa konsultasi terlebih dahulu.

Tahapan Lanjutan

Tiba waktu ketika proses pengajuan sudah berjalan, maka ada tahapan dimana anda harus menunggu hingga semua prosedur selesai.

Proses yang dimaksud terbagi dalam 2 kategori, yakni pra pengajuan, serta proses pengangsuran pinjaman. Untuk lebih jelasnya, bisa anda simak pada poin berikut :

1. Pra Pengajuan Permohonan Pinjaman

Setelah anda mengajukan permohonan pinjaman, maka tahap berikutnya anda hanya perlu menunggu proses persetujuan dari pihak koperasi.

Jika permohonan pinjaman diterima, anda pun bisa segera memperoleh pinjaman dana sesuai yang dibutuhkan. Namu jika ditolak, maka akan ada informasi lebih lanjut terkait dengan keterangan kenapa permohonan bisa ditolak.

Sedangkan untuk proses pembayaran angsuran hingga pelunasan pinjaman, nantinya akan diinformasikan oleh petugas. Sehingga anda akan paham lebih detail terkait dengan rincian pengembalian pinjaman.

2. Proses Pembayaran Angsuran Pinjaman

Jika pengajuan pinjaman anda diterima, maka tahap berikutnya ialah pembayaran angsuran pinjaman. Dalam hal ini, pihak koperasi akan memberikan pilihan tenor sesuai kemampuan membayar nasabah.

Tidak hanya dijelaskan tentang tenor, namun jika dipaparkan tentang binga kredit sehingga bisa disesuaikan menurut dengan kriteria nasaah.

Tentu anda tidak harus khawatir akan kurangnya informasi. Pasalnya petugas koperasi akan menjelaskan secara detail terkait semua hal yang ingin anda ketahui.

Sekian untuk informasi kali ini. Jika anda butuh informasi mengenai pinjaman dana tunai cepat, bisa menghubungi kami melalui kontak yang sudah disediakan.

Open chat
1
Hallo,, Ada yang bisa kami bantu?